Anda Harus Tahu, Berikut Adalah Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Anda Harus Tahu, Berikut Adalah Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim. Terdapat banyak keutamaan Puasa Ayyamul Bidh yang bisa anda dapatkan apabila anda melaksanakan puasa sunnah ini. Tentu tidak hanya akan mendapatkkan kesehatan fisik, Allah akan memberikan pahala dan meningkatkan derajat kemuliaan kita sebagai manusia.

Keistimewaan Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh

1. Merupakan Perintah Nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW pernah memerintahkan kepada umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa Ayyamul Bidh. Dari Abu Hurairah mengatakan , “Kekasihku Rasulullah SAW telah berwasiat tiga hal kepadaku, yaitu : agar selalu berpuasa tiga hari pada setiap bulan, selalu mengerjakan dua raka’at Dhuha, dan selalu mengerjakan shalat witir sebelum tidur.”  (HR Al-Bukhari)

Nabi Muhammad SAW memberikan wasiat untuk umatnya dalam hadits tersebut mengenai 3 perkara. 3 hal ini merupakan ibadah sunnah dengan manfaat luar biasa bagi ketentraman hati manusia, yaitu berpuasa setiap bulannya 3 hari atau ayyamul bidh, dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum beranjak tidur.

Puasa Ayyamul Bidh ini dapat bisa membantu mengendalikan hawa nafsu manusia. Nabi menganjurkan untuk melaksanakan sholat ini agar manusia dapat mengendalikan dan meredakan emosi yang dirasakan agar tetap dapat berjalan dengan baik. Sholat dhuha dan witirpun juga dapat menenangkan jiwa dan mempermudah urusan di dunia sekaligus bekal akhirat.

2. Anjuran Nabi Muhammad SAW dalam Berpuasa

Tak hanya memerintahkan untuk melaksanakannya, Rasulullah SAW juga menganjurkan waktu pelasanaan puasa ini. Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh ini tercantum dalam hadits yaitu, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13,14, dan 15 (dari Bula Hijriah).” (HR At-Tirmidzi)

Adanya ketentuan waktu puasa tersebut dikarenakan pada saat tanggal itu bulan sedang dalam kondisi purnama yang bersinar terang. Disaat bersamaan terjadi fenomena alam yang membuat posisi bulan berdekatan sekali dengan bumi dan membuat gaya gravitasi  bulan memicu ketinggian air laut dan membuat kondisi psikis makhluk hidup lebih sensitif.

3. Berpuasa Tiga Hari Seperti Berpuasa Setahun

Sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Daud juga menyatakan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan umat islam melaksanakan puasa ini karena apabila dilakukan 3 hari berturut-turut maka anda akan mendapatkan pahala setara dengan melakukan puasa selama satu tahun lamanya.

Itulah mengapa terdapat banyak sekali keutamaan Puasa Ayyamul Bidh ini hingga sangat sayang bila dilewatkan. “Rasulullah SAW biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yaitu 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Beliau juga bersabda, “Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun.” (HR Abu Daud)

4. Merupakan Tauladan dari Nabi Muhammad SAW

Terdapat sebuah percakapan antara Mu’adzah dengan Aisyah, “Apakah Rasulullah SAW senantiasa berpuasa tiga hari setiap bulannya?” Aisyah menjawab, “Iya.” Aku (Mu’adzah) pun kemudian bertanya lagi, “Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?’ Aisyah menjawab, “Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).” (HR At-Tirmidzi) 

5. Kebiasaan Nabi Muhammad SAW Melaksanakan Puasa

Terdapat juga hadits yang menyatakan tentang puasa sunah Ayyamul Bidh yang diriwayatkan Abu Dzar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari dalam sebulan, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15.” (HR At-Tirmidzi) sehingga hadits ini menjadi bukti keutamaan puasa Ayyamul Bidh ini.

Itulah lima keutamaan dalam melaksanakan puasa Ayyamul Bidh selama tiga hari. Banyak sekali taladan dari Rasulullah SAW yang dapat kita contoh, salah satunya yaitu melaksanakan puasa sunnah ini. Semoga amal ibadah yang kita lakukan dapat diterima Allah SWT sebagai catatan amal perbuatan yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar