Ciri-Ciri Sim Palsu yang Harus Anda Ketahui

Ciri-Ciri Sim Palsu yang Harus Anda Ketahui

Tahukah Anda bahwa ternyata SIM kendaraan bisa dipalsukan? Bahkan kasus ini tergolong cukup banyak. Meski begitu, ternyata ciri ciri SIM palsu sangat mudah sekali untuk dikenali. Bahkan ciri-cirinya pun muda sekali dibedakan dengan yang asli.

Bagi Anda yang belum bisa mengetahui mana SIM palsu dan mana jenis SIM yang asli, di sini kami akan jelaskan tipsnya kepada Anda. Tujuannya agar Anda bisa tercegah dari penipuan pembuatan SIM yang marak terjadi. Berikut ciri-cirinya.

1. Cek Keasliannya Pada Logo Polri

Cara pertama untuk membedakan mana SIM asli dengan mana SIM palsu adalah dengan memperhatikan logo Polri. Karena logo Polri pada SIM yang asli tidak bisa ditiru 100% oleh para pelaku pemalsuan SIM.

Logo Polri yang asli yaitu berwarna emas. Selain itu logo tersebut juga bisa memantulkan cahaya. Di lain sisi logo Polri pada SIM palsu tidak dapat memantulkan cahaya dan terlihat redup dan tidak menarik maupun elegan.

2. Perbedaan Pada Kolom Foto

SIM palsu juga memiliki perbedaan pada kolom fotonya. Kolom foto pada SIM palsu tampak sekali hasil editan yang tidak rapi seperti SIM asli. Bahkan bisa sangat kentara jika Anda bisa membedakan editan-editan foto.

3. Perbedaan Pada Tanda Tangan SIM

Perbedaan antara SIM palsu dan SIM asli bisa kita lihat secara jelas pada bagian tanda tangan pejabat terkait pada SIM tersebut. Sim palsu biasanya tidak memiliki nama pejabat dan juga tanda tangan yang asli. Jadi Anda bisa membandingkannya dengan SIM yang lain.

4. Perbedaan Pada Nomor SIM

Pada setiap SIM akan terdapat nomor yang terdaftar. Baik itu jenis SIM asli maupun SIM palsu pada ada nomor yang bisa Anda cek. Namun bedanya, nomor yang ada pada SIM palsu tidak jelas dan meragukan keasliannya.

Nomor tersebut bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah SIM tersebut terdaftar atau tidak. Jika tidak terdaftar, maka bisa dipastikan SIM tersebut palsu.

Itulah berbagai ciri ciri SIM palsu yang wajib Anda ketahui. Tujuannya agar Anda bisa paham mana SIM asli maupun palsu jika berencana membuatnya melalui pihak kedua. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar