5 Tips Sewa Bus Pariwisata yang Wajib Diketahui

5 Tips Sewa Bus Pariwisata yang Wajib Diketahui

Bus pariwisata kini menjadi pilihan akomodasi yang populer di kalangan masyarakat. Kemajuan dalam teknologi otomotif serta peningkatan fasilitas bus, membuat banyak traveler memilih bus pariwisata sebagai transportasi pilihan untuk liburan. Namun sebelum anda mulai menghubungi jasa persewaan bus, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal berikut terlebih dahulu. Simak ulasan lengkapnya.
 

Langkah-Langkah Menyewa Bus Pariwisata

1. Pemesanan

Reservasi atau pemesanan bus dapat dilakukan dengan datang secara langsung ke agen persewaan bus. Namun berkat perkembangan zaman yang semakin modern, banyak penyedia jasa yang menyediakan pemesanan bus secara daring. Tak hanya via aplikasi online saja, masih terdapat juga cara klasik pemesanan bus melalui media telepon. Jadi, anda tidak perlu khawatir tidak sempat melakukan reservasi karena terhalang oleh berbagai macam kesibukan.

Saat proses pemesanan, seorang customer service akan mengajukan beberapa pertanyaan. Setidaknya ada sekitar empat pertanyaan yang akan dilontarkan oleh agen bus tersebut. Pertanyaannya meliputi tanggal penggunaan bus, jumlah kapasitas penumpang, durasi pemakaian, serta destinasi tujuan anda. Hal ini akan menjadi data untuk listing pemesanan dan menentukan biaya sewa yang harus anda dan rombongan keluarkan.

2. Kapasitas Bus

Sebelum menghubungi jasa persewaan bus, pastikan anda sudah mengantongi data jumlah peserta yang akan ikut dalam perjalanan. Hal ini penting untuk menentukan tipe bus yang akan anda sewa. Pada umumnya bus pariwisata ukuran medium memiliki kapasitas 27 dan 31 kursi. Sedangkan untuk bus tipe besar biasanya memiliki kapasitas mulai dari 24 kursi, 44 kursi, hingga 59 kursi. Anda dapat memilihnya sesuai dengan jumlah anggota rombongan anda.

3. Waktu Reservasi

Permintaan konsumen terhadap sewa bus pariwisata akan meningkat tinggi seiring waktu liburan tiba dan hari-hari besar. Adanya musim dimana pengguna bus meningkat secara tajam seperti itu, membuat perusahaan bus biasanya akan mengenakan tarif yang lebih mahal. Untuk menghindari kehabisan armada bus dan mahalnya tarif yang diberlakukan, pastikan anda telah melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

4. Fasilitas Bus

Ketatnya persaingan jasa transportasi mendorong perusahaan bus untuk memanjakan konsumen dengan aneka fasilitas. Umumnya, kini setiap bus pariwisata menyediakan fasilitas seperti perangkat multimedia TV, DVD mic untuk karaoke, AC, serta kursi yang nyaman dengan leg room yang luas. Ditambah dengan kehadiran plugin charger seolah menjadi standar kelayakan dari bus pariwisata masa kini.

5. Pembayaran

Kemudahan pembayaran menjadi satu hal yang penting untuk anda ketahui. Setelah menetapkan tanggal keberangkatan, durasi penyewaan bus, jumlah peserta, dan mengetahui fasilitas yang disediakan. Maka ini saatnya anda menyelesaikan administrasi pembayaran. Sebaiknya anda melakukan down payment (DP) paling lambat sehari setelah proses pemesanan atau reservasi bus berlangsung.

Besarnya uang muka yang diberlakukan berbeda-beda antar perusahaan bus, tergantung pada manajemen masing-masing. Namun umumnya 30 persen dari harga sewa keseluruhan dan dibayar satu hari setelah proses booking. Terakhir, jangan lupa untuk melunasi pembayaran selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari keberangkatan. Akan lebih baik apabila anda melunasi pembayaran sebelum batas waktu yang telah ditetapkan oleh agen abus. 

Meskipun menyewa bus pariwisata dapat anda lakukan kapan saja, namun sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips yang sudah disebutkan. Hal ini tentunya akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan dan leluasa. Anda dapat mencari berbagai macam informasi mengenai layanan jasa persewaan bus pariwisata di internet.

0 komentar:

Posting Komentar